Revisi berkas visitasi

C.6 Pendidikan

C.6.4.a Kurikulum

  • A. Keterlibatan pemangku kepentingan dalam proses evaluasi dan pemutahiran kurikulum

Pengembangan kurikulum Program Studi D3 Teknik Pertambangan dilakukan setiap lima tahun dengan melibatkan pemangku kepentingan internal dan eksternal serta direview oleh Pakar bidang ilmu Program Studi D3 Teknik Pertambangan, pihak Indutri, dan disesuaikan dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan Penggunai. Pemangku Kepentingan yang terlibat. (link visi misi)

  1. Universitas yang bekerjasama dengan UMMAT terutama dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah untuk mengetahui kebutuhan dan kesesuaian standar minimal dari perguruan Tinggi yang memiliki program studi yang sama dengan disesuaikan dengan kearifan local program studi berada.
  2. Asosiasi Profesi Ikatan Ahli Geologi (IAGI) Pengda NTB

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi NTB

  • B. Kesesuaian capaian pembelajaran dengan profil lulusan dan jenjang KKNI/ SKKNI

Kurikulum yang sudah mendapatkan masukkan dari pemangku kepentingan akan di lakukan review kembali oleh TIM TEACHING berdasarkan kepakaran bidang ilmu. Selanjutnya Dokumen kurikulum program studi yang berisi capaian pembelajaran, profil lulusan yang sesuai dengan jenjang KKNI level 5, capaian pembelajaran mata kuliah, dan pemetaan capaian pebelajaran dengan bahan kajian serta pemetaan bahan kajian dengan mata kuliah kuliah ditetapkan dalam satu dokumen yang di tanda tangani oleh Dekan dan Ketua Program Studi, untuk menjadi acuan bagi dosen pengampu mata kuliah pada program studi tersebut. pada table 5a (link dokumen kurikulum)

  • C. Ketepatan Struktur Kurikulum dalam pembentukan capaian pembelajaran

Kurikulum Program Studi D3 Teknik Pertambangan disusun berdasarkan profil lulusan D3 Teknik Pertambangan dengan capaian kompetensi jabatan kerja yang diselaraskan dengan capaian pembelajaran Program Studi. Dari capaian kompetensi lulusan itu mengacu pada jenjang KKNI level 5 dalam merumuskan capaian pembelajaran program studi yang terdiri dari unsur sikap,pengetahuan,  keterampilan umum, dan keterampilan khusus. Keempat unsur tersebut merupakan unsur yang harus dipenuhi oleh Lulusan DIII Teknik Pertambangan, maka dalam pendistribusian capaian pembelajaran program studi kedalam mata kuliah akan terjabarkan pemuatan 4 unsur tersebut. Pemetaan unsur sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus kedalam tiap – tiap mata kuliah  dapat dilhat dalam Dokumen Kurikulum Program Studi DIII Teknik Pertambangan (Link Dokumen kurikulum)

C.6.4.b Karakteristik Proses Pembelajaran

Pemenuhan capaian pembelajaran program studi D3 Teknik Pertambangan yang dimliki oleh lulusan diterapkan proses pembelajaran yang  memenuhi kaidah kaidah sebagai beriku:

  • Interaktif

Pembelajaran pada program studi D3 Teknik Pertambangan terjadi komunikasi dua arah, dimana dosen memberikan penjelasan terkait materi yang dipelajari secara ringkas dan jelas kemudian mahasiswa diberikan waktu untuk menaggapi terkait penjelasan tersebut. Selain itu pemberian tugas baik yang sifatnya tugas wajib dan tugas tambahan yang terkait materi perkuliahan dan diberikan waktu khusus untuk responsi yang sudah dijadwakan oleh ketua program studi dalam penyelesaian tugas bila mengalami kesulitan.

  • Holistik

Pembelajaran pada program studi D3 Teknik Pertambangan ada keterkaitan antara bagian bagian dalam proses perkuliahan dalam satu semester untuk mengetahui kedalaman kompetensi mahasiswa dalam bidang tertentu. Hal ini ditunjukkan dalam setiap pokok bahasan ada pemberian tugas yang mendukung pada tugas keseluruhan dalam satu semester sehingga penguasaan materi akan lebih terukur dan terarah pada kompetensi bidang di tabel 5a (link RPP RPS)

  • Integratif

Pembelajaran pada progam Studi D3 Teknik Pertambangan terjadi keterkaitan antara kegiatan yang dilakukan oleh dosen dan mahaiswa yang terkait dengan keilmuwan untuk memperkuat unit komptensi mata kuliah tertentu sehingga ilmu yang diajarkan dapat terupdate. Kegiatan tersebut adalah kegiatan penelitian dosen dan juga kegiatan penelitian mahasiswa melalui karya ilmiah yang dibimbing oleh dosen dan terpubikasi, sehingga ada hal baru yang menjadi referensi mahasiswa dalam proses pembelajaran dalam mata kuliah tertentu. (Link Integrasi penelitian ke buku ajar)

  • Saintifik

Pembelajaran yang dilaksanakan di program studi D3 Teknik Pertambangan berdasarkan pada keilmuwan yang berisikan pada tiga aspek utama, sikap keahlian dan keterampilan, sehingga siswa dapat diarahkan pada kepribadian yang didukung keahlian yang dimiliki (link Buku Kurikulum pada capaian pembelajaran)

  • Kontektual

Materi pembelajaran pada program studi D3 Teknik Pertambangan tetap berpedoman pada ilmu dengan tetap mengkaitkan dengan kondisi yang ada di lapangan, sehingga tugas mata kuliah yang diberikan banyak yang mengamati kondisi lapangan dan pembahasannya tetap mengacu pada materi kuliah yang ada (link Buku Ajar)

  • Tematik

Proses pembelajaran di program studi D3 Teknik Pertambangan antara satu mata kuliah dengan mata kuliah yang lain akan saling berkaitan,sehingga ada pemberlakuan  mata kuliah prasarat yang harus diselesaikan oleh mahasiswa sebelum mengambil mata kuliah tertentu,sehingga dalam penyelesaian tugas wajibpun akan menkombinasikan beberapa materi pada mata kuliah yang lain (link buku kurikulum)

  • Efektif

Proses pembelajaran yang berlangsung pada program studi D3 Teknik Pertambangan mempertimbangkan beberapa hal antara lain, beban waktu untuk penyampaian materi, beban waktu untuk diskusi dan beban waktu untuk tugas pengamatan serta penyampaian hasil pengamatan yang kesemuanya dapat diselesaikan dalam satu semester (link RPPS)

  • Kolaboratif

Dalam meningkatkan penguatan mata kuliah dan kompetensi lulusan maka Pembelajaran pada program Studi D3 Teknik Pertambangan telah melakukan kerjasama dengan universitas dan lembaga lain dalam bentuk kuliah tamu dan kuliah umum yang diselenggarakan dalam satu semester sekali. Selain itu juga diselenggarakan pelatihan yang bekerjasama dengan balai penerapan dan Teknologi Konstruksi yang berbasis kompetensi dalam menunjang lulusan dalam dunia kerja. (link rpps)

Kesemuanya karakterisik tersebut diatas berbasis pada kompetensi mahasiswa dan lulusan yang dihasilkan oleh Program studi D3 Teknik Pertambangan

C.6.4.c Rencana Proses Pembelajaran

  • A. Ketersediaan dan kelengkapan dokumen rencana pembelajaran semester (RPS)

Sebelum proses belajar mengajar dilakukan, kaprodi meminta kepada para dosen pengampu matakuliah untuk berkoordinasi dan berdiskusi tentang penyusunan materi kuliah. Koordinasi dilakukan di dalam internal tim dosen berdasarkan bidang keahlian masing – masing dan dilanjutkan dengan Ketua Program Studi. Tahapan koordinasi dan diskusi tentang materi kuliah sebagai berikut: (link rapat prodi)

  1. Capaian pembelajaran diturunkan dari profil lulusan D3 Teknik Pertambangan yang mengacu pada hasil kesepakatan dengan asosiasi penyelenggara sejenis dan oranisasi profesi yang telah memenuhi level KKNI dan disesuaikan dengan perkembangan IPTEK dan kebutuhan pengguna.

Para dosen melakukan koordinasi sesuai bidang keahian untuk merumuskan capaian pembelajaran tersebut dan merumuskan tujuan pembelajaran serta materi pembahasan perkuliahan sebelum proses pembelajaran

  • B. Kedalaman dan keluasan RPS sesuai dengan capaian pembelajaran lulusan

Kedalaman dan keleluasaaan RPS: (link dokumen kurikulum)

  1. Kedalaman materi harus bersesuian dengan capaian pembelajaran dan profil lulusan sehingga dokumen kurikulum tetap menjadi acuan tim dosen dalam rapat koordinasi
  2. Koordinator Tim dosen bidang Keahlian melalukan koordinasi dengan ketua program studi serta diskusi tentang materi perkuliahan (matakuliah) sesuai Rencana Pembelajaran Semester dan capaian pembelajaran Program Studi
  3. Diperoleh kesepakatan tentang rumusan materi yang wajib dengan memberi peluang kepada pengampu untuk mengembangkannya.
  4. Masing-masing dosen menyusun dan menyempurnakan Rencana Pembelajaran Semester serta Rencana Pembelajaran Mingguan, dimana dokumen RPS mencakup target capaian pembelajaran, bahan kajian, metode pembelajara, waktu dan tahapan,asesmen hasil capaian pembelajaran.
  5. RPS ditinjau dan diseuaikan secara berkala serta dapat diakses oleh mahasiswa dan dilaksanakan secara konsisten
  6. Kedalaman dan keluasan RPS disesuaikan dengan capaian pembelajaran lulusan, isi materi pembelajaran sesuai dengan RPS, memiliki kedalaman dan keluasan yang relevan untuk mencapai capaian pembelajaran lulusan serta ditinjau secara berkala

C.6.4.d Pelaksanaan Proses Pembelajaran

  • A. Bentuk interaksi antara Dosen , Mahasiswa dan sumber belajar

Pelaksanaan pembelajaran berlangsung dalam bentuk interaksi antara dosen mahasiswa dan sumber belajar dalam lingkungan belajar tertentu secara on line dan off line dalam bentuk audio visual.

Perkuliahan secara online dengan menggunakan zoom meeting, clash room dan e-learning. Salah satu contohnya pada mata kuliah matematika. (link audio visual kuliah)

  • B. Pemantauan Kesesuaian proses terhadap rencana pembelajaran

Setiap dosen melakukan tatap muka dalam proses pebelajaran, dosen diwajibkan mengisi jurnal perkuliahan yang berisikan hari dan tanggal, jam waktu kuliah, isi materi perkuliahan, metode pembelajaran, dan jumlah mahasiswa yang hadir dalam perkuliahan. Selain dosen mengisi isian tersebut, dosen diminta untuk menandatangani jurnal perkuliahan tiap pertemuan.

Perumusan materi sesuai bidang keahlian oleh masing masing tim dengan memperhatikan keilmuan kekinian (terupdate) dengan mengkomparasi dari materi dengan beberapa peneilitian dosen. Dari penelitian dosen tiap tahun ada beberapa penelitian yang dijadikan referensi bahan mengajar pada mata kuliah tertentu. Perumusan materi juga mengkomparasi dari pengabdian yang dilakukan oleh dosen. Dari pengabdian dosen tiap tahun ada beberapa pengabdian yang dijadikan referensi bahan mengajar pada mata kuliah tertentu. (link buku ajar yang terintegrasi degan penelitian)

  • D. proses pembelajaran yang terkait dengan PKM harus mengacu SN Dikti PkM

Pembelajaran Matakuliah yang masih terkait dengan bidang PKM telah mengacu pada SMDIKTI PKM yang antara lain:

  1. Hasilnya memenuhi perkembangan IPTEK dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.
  2. Hasil PKM tersebut memenuhi capain pembelajaran pada matakuliah.
  3. Proses PKM yang dilakukan pada prodi D3 Teknik Pertambangan telah mencakup perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan
  4. Penilaian PKM memenuhi unsur edukatif objektiv akuntabel dan transparan.

Sebagai contoh pada matakuliah Pengolahan Bahan Galian, Geologi Dasar, Endapan Bahan Galian, Tahapan Eksplorasi, terintegrasi dengan pengabdian kepada Masyarakat di Desa Brambang dengan produk Peta Alterasi Dusun Brambang. Hasil peta tersebut masuk didalam capaian pembelajaran matakuliah Tahapan Eksplorasi dalam bab Eksplorasi Tahap Akhir. PKM tersebut didanai oleh dana hibah Doktor dimana tahapan prosesnya meliputi pengusulan ke LLDIKTI dan pelaksanaannya ditetapkan dengan SK LPPM (link penetepan penerima hibah kompetitif & link Pengumuman Penerimaan Proposal Hibah kompetitif tahun 2020-2021). Pada akhir pelaksanaan pengabdian dibuatkan laporan sebagai bentuk pertanggungjawaban pkm. (link buku ajar yang terintegrasi degan pengabdian)

  • E. Kesesuaian metode pembelajaran dengan capaian pembelajaran

Metode pembelajaran setiap mata kuliah disesuaikan dengan capaian pembelajaran setiap mata kuliahnya. Mata kuliah yang mengandung unsur sikap dan pengetahuan dapat dilakukan dengan metode ceramah atau tatap muka dan diskusi untuk mengetahui kedalaman materi yang diterima oleh mahasiswa. Sedangkan mata kuliah yang mengandung tiga aspek dapat dilakukan dengan metode ceramah bergambar, animasi dan juga memberikan tugas tambahan sebagai bahan evaluasi keterserapan materi ke mahasiswa, selain itu juga diberikan tugas berupa oservasi terkait kondisi di lapangan.

Khusus mata kuliah yang mengandung empat aspek yaitu sikap, pengetahuan, keterampilan umum dan keterampilan khusus dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan juga dengan praktek. Untuk praktikum dilakukan sesuai waktu yang sudah dijadwalkan oleh program Studi dengan beban SKS 1 sehingga alokasi waktu per minggu adalah 50 menit untuk praktek. (link RPP dan RPS)

C.6.4.e Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran

Langkah selanjutnya setelah dosen mengisi jurnal perkuliahan, karyawan bagian administrasi Program Studi akan melakukan proses entri data  setiap bulan. Data hasil inputan karyawan admninistrasi akan dapat dijadikan monitoring pelaksanaan perkuliahan yang dilaksanakan oleh Gusus Kendali Mutu Fakultas (GKMF).

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi proses pembelajaran mencakup karakteristik perencanaan pelaksanaan proses pembelajaran dan beban belajar mahasiswa yang dilaksanakan secara konsisten dan ditindak lanjuti oleh unit pengelola program studi. (bukti monitoring oleh GKMF)

 

C.6.4.f Penilaian Pembelajaran

  • A. Mutu pelaksanaan penilaian pembelajaran untuk mengukur ketercapaian pembelajaran berdasarkan prinsip penilaian

Mutu pelaksanaan penilaian pembelajaran proses dan hasil belajar mahasiswa untuk mengukur ketercapaian pembelajaran berdasarkan prinsip penilaian yang mencakup edukatif otentik obyektif akuntabel dan transparan yang dilakukan secara terintegrasi oleh program Studi

  • Edukatif

Penilaian hasil belajar mahasiswa melalui pendekatan pendidikan dengan pertimbangan beberapa aspek yang mendidik mahasiswa untuk lebih rajin dan baik dalam menyelesaikan tugas dosen. Dosen tidak melakukan justifikasi bagi mahasiswa yang belum tuntas dalam proses pembelajaran, sehingga ada kesempatan bagi mahsiswa utuk memperbaiki hasil melalui Remidial dan juga pemberian tugas untuk mendalami materi pembelajaran (link jadwal ujian, hasil belajar dan jadwal remidial)

  • Otentik

Soal Ujian Akhir Semester dan Ujian Tengah Semester dilakukan review oleh Tim Dosen bidang keahlian untuk penyamaan soal uji bagi mata kuliah yang sama dengan dosen yang berbeda dan dilakukan penyeleksian oleh Ketua Program Studi melaui admin Prodi untuk memastikan soal berbeda dengan tahun sebelumnya. (link absensi)

  • Objektif

Soal uji dibuat pembobotan secara objektif dengan tingkat kedalaman materi dalam pokok bahasan. Soal yang terkait dengan pemahaman mempunyai bobot yang lebih kecil dibanding dengan soal dengan tingkatan kemampuan dalam ketrampilan ke substansi materi perkuliahan (link RPP, RPS)

  • Akuntabel

Pelaksanaan penilaian pembelajaran harus dapat dipertanggung jawabkan oleh dosen Pengampu kepada ketua Program Studi. Sehingga tidak menimbulkan komplain dari mahasiswa setelah penilaian diumumkan secara resmi oleh prodi. (link lembar penilaian dosen)

  • Transparan

Hasil tugas, UTS dan UAS dari dosen selalu ditempel di papan pengumuman yang telah disediakan oleh prodi sehingga bisa diketahui oleh semua mahasiswa serta lembar jawaban dan hasil kumpulan tugas yang telah dinilai oleh dosen dikembalikan lagi ke mahasiswa sebagai perbandingan kesalahan dan kebenaran hasil antar mahaiswa

Teknik penilaian dosen terkait bidang keahlian meliputi penilaian terkait observasi melalui tugas yang mempunyai bobot lebih besar dari tes lisan

  • B. Pelaksanaan terdiri atas teknik dan intrument penilaian.

Instrumen penilaian pada mata kuliah di program studi D3 Teknik Pertambangan pada mata kuliah bidang keahlian seperti mata kuliah Geologi Dasar. Tugas Wajib yang diberikan dosen pengampu dengan membuktikan dengan tanda tandan pengesahan pada Tugas dan Buku tugas, dan penilaian tugas wajib mempunyai bobot yang paling banyak dibanding dengan tes tulis, ataupun lisan. Sedangkan penilaian Tugas yang bersfat observasi juga masuk dalam pembobotan penilaian tetapi prosentase lebih kecil dibandingkan dengan Tugas Wajib. Pelaksanaan penilaian sebelumnya dilakukan persetujuan dengan mahasiswa diawal perkuliahan melalui kontrak kuliah dengan bobot prosentase masing masing indikator disepakati dan ditanda tangani oleh ketua Tingkat dan dosen pengampu mengetahui ketua Program Studi agar agar ketercapaian proses pembelajaran berdasarkan prinsip penilaian tersebut diatas dapat terpenuhi oleh masing masing dosen pengampu. (link tugas wajib, kontrak perkuliahan)

  • C. Pelaksanaan penilaian

Pelaksanaan penilaian pembelajaran pada Program Studi D3 Teknik Pertambangan telah memuat unsur: (link tugas wajib, kontrak perkuliahan)

  1. Kontrak rencana penilaian telah dilakukan dan telah termuat dalam jurnal perkuliahan
  2. Telah melaksanakan penilaian sesuai kontrak dan kesepakatan dengan mahasiswa yang termuat dalam jurnal perkuliahan
  3. Telah dilakukan umpan balik perkuliahan dengan setelah pemberian penjelasan kepada mahasiswa, dan mempertanyakan kembali penjelasan tersebut dan mahasiswa memberikan penjelasan Kembali sesuai dengan yang telah dijelaskan secara singkat.
  4. Telah dilakukan dokumentasi penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa berupa hasil penilaian mahasiswa.
  5. Tahap perencanaan, kegiatan pemberian tugas/soal, observasi kinerja, pengembalian hasil observasi, dan pemberian nilai akhir yang telah dilakukan dan sesuai dengan prosedur yang ada. Sehingga pemberian nilai akhir berdasarkan proses yang telah berjalan dan memberikan waktu kepada mahasiswa untuk mengklarifikasi hasil nilai akhir.
  6. Kualifikasi keberhasilan mahasiswa dalam menempuh suatu mata kuliah dinilai dan dilaporkan sesuai dengan standart nilai yang ada dengan hasil akhir berupa angka dan huruf sesuai dengan nilai yang diperoleh oleh mahasiswa.

Proses perbaikan berdasarkan hasil monev telah dilakukan sesuai dengan rencana.

C.6.4.h Suasana Akademik

Seminar ilmiah rutin dilakukan oleh Fakultas Teknik dan PS D3 Teknik Pertambangan dengan mengusung nilai-nilai kebebasan akademik, kebebasan mimbar akademik, dan otonomi keilmuan untuk membangun dan memupuk budaya akademik yang berintegritas. Kunjungan lapangan ke proyek proyek strategis pemerintah sering dilakukan untuk meningkatkan interaksi antara sivitas akademika untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran

 

Kegiatan – kegiatan tersebut dilakukan untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif dan nyaman sesuai dengan tujuan penyelenggaraan pendidikan. Program Studi secara berkala mengadakan berbagai kegiatan akademik baik yang ditujukan bagi dosen dalam upaya pengembangan sumberdayanya, dan untuk mahasiswa sebagai bentuk pengembangan diri dalam kegiatan bidang kemahasiswaan. Kegiatan-kegiatan pengembangan tersebut diantaranya:

  • Seminar keahlian dasar yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa program studi se-fakultas teknik, dibawah koordinasi wakil dekan bidang kemahasiswaan, yang diselenggarakan minimal 1x dalam 1 semester
  • Seminar keprofesian yang diselenggarakan oleh HMPS kerjasama dengan Program studi, dijadwalkan setiap tahun sekali.
  • Lokakarya pengembangan kurikulum dan silabus kerjasama dengan stakeholder, Ketua LPJK, Kontraktor, Konsultan, Dinas PU, Gapensi, Gapeksindo dan Pakar dari perguruan tinggi lain, diadakan minimal setiap semester sekali.
  • Penelitian dan Pengabdian masyarakat bersama dosen dan mahasiswa (Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Kolaboratif)
  • Pengenalan kehidupan kampus untuk mahasiswa baru: Pekan Ta’aruf (PeTa) oleh BEM Universitas, Masa Ta’aruf (MasTa) oleh organisasi IMM dan Ajang Studi Pengenalan Lingkungan Teknik (ASPaLT) oleh BEM Fakultas dan Pimpinan Fakultas/ Prodi, diadakan setiap tahun pada awal penerimaan mahasiswa baru.
  • Temu Dosen-Mahasiswa-Alumni setiap tahun pada acara Halal bi halal, diadakan setahun sekali.
  • Seminar Kewirausahaan untuk meningkatkan motivasi berwirausaha mahasiswa.
  • Kegiatan seminar international ICMET yang dilaksanakan 2 tahun sekali
  • Seminar Nasional yang dilaksanakan seperti :
  • Seminar Nasional Teknik Sipil yang dilaksanakan dua tahun sekali
  • Kuliah Umum yang dilaksanakan 3 bulan sekali

Penjelasan Keterkaitan  Visi Misi Universitas, Fakultas, dan Prodi D3 Teknik Pertambangan

Tracer Study

  1. JUMLAH DALAM ENAM TAHUN TERAKHIR
No. Tahun Jumlah terlacak
1 2016 19
2 2017 5
3 2018 57
5 2019 12
6 2020 20
Jumlah 113

Catatan :

menggunakan

lulusan TS-4 Tahun 2017 (2016-2017) (bukti lulusan SK Yudisium)

lulusan TS-3 Tahun 2018 (2017-2018) (bukti lulusan SK Yudisium)

lulusan TS-2 Tahun 2019 (2018-2019) (bukti lulusan SK Yudisium)

Tabel 3.b.7  Bagian -3 Teknologi Tepat Guna, Produk, Karya Seni, Rekayasa Sosial

  1. Peta endapan emas di susun brambang, kecamatan sekotong, kabupaten, kabupaten lombok barat, |Tahun 2020
  2. peta geologi di dusun brambang, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Tahun 2019

Tabel 8.b.1 Prestasi Akademik

No. Nama Kegiatan Waktu Perolehan (YYYY) Tingkat Prestasi yang Dicapai
Lokal/ Wilayah Nasio-nal Interna-sional
1 2 3 4 5 6 7
1 Seminar Nasional Plano Earth 02 2019 V Best Presenter Peringkat Ke 2 dengan judul “Persepsi Masyarakat Desa Pelangan, Kecamatan Sekotong terhadap Kelestarian Lingkungan”

luaran prestasi akademik piagam penghargaan an. Raden Habibi

 

untuk kelengkapan data dapat dilihat pada link berikut (link data)