Sasaran dan strategi pencapaian sasaran (rencana strategis) yang ingin dicapai pada tahun 2016 – 2020 adalah sebagaimana ditampilkan pada tabel berikut:
Sasaran dan Rencana Strategis 2016-2020
Tujuan |
Sasaran 2020 | Rencana Strategis tahun 2016 – 2020 |
Meningkatnya kualitas pendidikan dan pengajaran berkarakter yang berlandaskan Al Islam dan Kemuhammadiyahan untuk dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
|
· Memiliki Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran yang Sangat Jelas dan Sangat Realistik | · Sosialisasi visi misi melalui berbagai media dan memanfaatkan semua civitas akademika, alumni, mahasiswa, stakeholder dan pengguna lulusan |
· Peningkatan mutu akademik fakultas dan program studi
|
· Menyusun SOP fakultas yang tekait dengan kegiatan akademik dan non akademik
· Monitoring dan evaluasi pelaskanaan SOP pada tingkat fakultas dan masing-masing prodi · Menyusun manual mutu fakultas dan monitoring pelaksanaan manual mutu pada tingkat fakultas dan program studi · Meningkatkan standarisasi dari dokumen mutu yang disusun · meningkatkan implementasi audit inernal dan eksternal pada program studi · Meningkatkan kualitas kelembagaan penjaminan mutu di setiap unit |
|
· Memiliki perangkat pembelajaran yang efesien dan efektif
|
· Pengoptimalan pengadaan dan pembangunan sarana dan prasarana perkuliahan
· Mengembangkan sarana prasarana perkuliahan sesuai kemajuan teknologi · Mengoptimalkan pemeliharaan dan proteksi sarana prasarana perkuliahan |
|
· Penciptaan suasana akademik yang kondusif | · Tindak lanjut hasil dari evaluasi akademik
· Memfasilitasi sarana pembelajaran yang efektif · Memfasilitasi kegiatan seminar akademik secara reguler · Memfasilitasi kegiatan penelitian mahasiswa · Mengembangkan modul buku pembelajaran |
|
Meningkatnya kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian masyarakat untuk menunjang pengembangan keilmuan dosen dan mahasiswa.
|
· Peningkatan kualitas dan kuantitas dosen yang memiliki kinerja baik, berdedikasi tinggi dan loyal kepada institusi
|
· Memfasilitasi dosen studi lanjut S3
· Memfasilitais dosen untuk memiliki gelar profeser dan guru besar · Meningkatkan jumlah dosen yang sesuai dan linear dengan program studi · Memfasilitasi seluruh dosen dalam implementasi catur dharma PT yang kompetitif · Meningkatkan pembiayaan untuk pelaksanaan catur dharma PT · Reward bagi dosen berprestasi dalam pelaksanaan iplementasi catur dharma PT · Mendorong untuk peningkatan jabatan fungsional · Mendorong seluruh dosen memiliki sertifikasi dosen · Mendorong seluruh dosen untuk memiliki sertifikat keahlian |
Terwujudnya wadah ilmiah bagi dosen untuk mempublikasikan karya tulis hasil penelitian dan pengabdian
|
· Pengembangan akreditasi jurnal Fakultas dan Prodi
|
· Mengembangankan jurnal prodi
· Pelatihan pengelola jurnal · Peningkatan publikasi jurnal menggunakan OJS · Kerjasama dengan reviewer nasional |
· Peningkatan hasil produktivitas dan mutu dari karya dosen | · Mendorong seluruh dosen untuk aktif dalam kegiatan seminar nasional dan internasional maupun dalam kegiatan publik lainnya
· Mendorong keterlibatan aktif dosen dalam publikasi ilmiah secara rutin dan berkala serta memiliki HaKI |
|
Terwujudnya sarjana dan ahli madya teknik yang cerdas, unggul dan berdaya saing di bidangnya dan berakhlak mulia sesuai nilai-nilai Islam. | · Peningkatan mutu lulusan yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna pada setiap program studi dan memiliki kepribadian Al-Islam Kemuhammadiyahan
|
· Meningkatkan standar penerimaan mahasiswa baru
· Meningkatkan jumlah kerjasama dalam pembinaan soft skills mahasiswa · Meningkatkan jumlah kerjasama dalam pengembangan wawasan keilmuan mahasiswa · Mengadakan kerjasama dengan berbagai lembaga pencari kerja · Menjamin kebebasan akademik, mimbar akademik bagi mahasiswa · Mengoptimalkan impelementasi pembelajaran Al-Isam Kemuhamamdiyahan dan iklim Islami di setiap kegiatan · Terbentuknya kader-kader persyarikatan Muhammadiyah yang militan |
Terwujudnya inovasi pembelajaran dari tenaga pendidik, sehingga mahasiswa mampu menjawab dan mengatasi permasalahan keteknikan | · Penyempurnaan kurikulum berorientasi KKNI pada setiap program studi sesuai dengan kebutuhan stakeholder.
|
· Sosialisasi kurikulum berbasis KKNI pada semua program studi
· Melaksanakan kurikulum berorientasi KKNI pada semua program studi · Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kurikulum KKNI oleh UKMF · Mengembangkan kurikulum KKNI pada masing-masing program studi |
Tercapainya kualitas lulusan teknik yang mampu berdaya saing di era global.
|
· Peningkatan jumlah mahasiswa fakultas teknik yang terlibat aktif dalam kegiatan pengembangan diri di bidang akademik maupun non akademik
|
· Memfasilitasi mahasiswa dengan berbagai informasi akademik dan non akademik
· Mengadakan pelatihan sekaligus pembimbingan mahasiswa dalam kegiatan pengembangan diri · Memberikan reward dan insentif kepada mahasiswa berprestasi |
· Pengembangan sistem rekrutmen mahasiswa yang lebih selektif
|
· Menjalik komunikasi dengan pengurus ikatan alumni Universitas dan Fakultas Teknik
· Menjalin komunikasi yang baik dengan sekolah-sekolah Menengah dan Kejuruan terutama yang berada di Provinsi NTB |
|
· Peningkatan sarana prasarana pendukung soft skills dan hard skills mahasiswa yang adaptable | · Menyediakan sistem pembelajaran yang berbasis pada IT dan kemajuan teknologi | |
Terwujudnya kepercayaan stakeholders pada out put Fakultas Teknik UMMAT.
|
· Peningkatan akreditasi program studi minimal B | · Meningkatkan kualitas dosen, sarana prasarana dan fasilitas pendukung lainnya |
· Menginformasikan Fakultas Teknik UMMAT ke stakeholder dan pengguna | · Mengembangan website Fakultas Teknik dengan menampilkan seluruh kegiatan fakultas baik akademik maupun non akademik | |
· Pembukaan Program Studi Baru | · Mengembangan program studi baru di Fakultas Teknik | |
Terwujudnya civitas akademika yang dapat memaksimalkan potensi secara otonom dan mendapat dukungan dari institusi. | · Peningkatan kualitas dan kuantitas tenaga kependidikan dengan minimal tenaga pendidik adalah bergelar S1
|
· Studi lanjut S1 bagi tenaga pendidik
· Pelatihan intensif kepada tenaga pendidik untuk pelayanan prima baik kepada mahasiswa maupun kepada dosen · Menyusun kode etik tenaga kependidikan · Mengevaluai kode etik tenaga kepedidikan · Memberikan reward dan funishmen berdasarkan kinerja tenaga kependidikan |
· Pengoptimalan penggunaan sarana dan prasarana berbasis Teknologi Informasi
|
· Meningkatkan jumlah sarana dan prasarana pembelajaran berbasis IT
· Meningkatkan aksesibilitas informasi akademik dan pendukungnya berbasis IT · Penataan data base akademik secara LAN dan On line (WAN) · Impelementasi IT untuk kegiatan administrasi · Meningkatkan kapasitas website |
|
Terwujudnya dana operasional otonomi prodi yang mampu mendukung kinerja akademik. | · Peningkatan kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam maupun luar negeri secara efektif, produktif dan berkelanjutan
|
· Memfasilitasi kerjasama dalam negeri dan luar negeri dengan berbagai pihak
· Bersedia menjadi tuan rumah berbagai kegiatan kerjasama · Meningkatan kerjasama khususnya dengan alumni dalam bidang catur dharma Perguruan Tinggi |